Konsep Utama, Proses Perencenaan dan Pengiriman Layanan dari Model Bisnis Traveloka
Konsep
Utama
Traveloka merupakan bisnis sharing economis
sharing economy atau ekonomi berbagi menjadi sangat populer belakangan ini. Sharing economy mengacu pada aktivitas berbagi di dalam komunitas atas akses barang dan jasa, dikoordinasi melalui komunitas berbasis online. Perubahan perilaku berbisnis dari kepemilikan aset (ownership) menjadi berbagi (sharing) serta merebaknya jaringan media sosial online, yang makin mempermudah relasi di antara konsumen turut memberikan kontribusi berkembangnya model bisnis ini. Sejumlah pakar menyebut sharing economy serupa dengan ekonomi gotong-royong, namun Harvard Business Review seperti dikutip Wikipedia berpendapat bahwa aktivitas ini lebih tepat disebut access economy ketimbang sharing economy.
Proses
Perencanaan
Pertama, menciptakan marketplaces. Organisasi perlu untuk menilai potensi pada konsumennya untuk membangun jejaring, untuk membangun proposisi nilai yang baru. Jejaring ini dapat lahir pada produk dan jasa yang terdistribusi secara luas, menelan biaya tetap yang tinggi tetapi margin yang tipis serta kapasitas yang underutilized.
Kedua, mengembangkan strategi mitigasi untuk mengurangi risiko dengan bermitra bersama jejaring sharing economy.
Ketiga, terlibat dalam sharing atas aset yang dimiliki. Organisasi dapat memonetisasi kapasitas berlebih dan memperbaiki produk bisnis dengan berbagi aset tidak berwujud. Sebagai contoh, Marriot bermitra dengan online platform LiquidSpace untuk mengonversi ruang konferensi yang kosong, sehingga dapat disewakan. Hasilnya tidak hanya menghasilkan penerimaan, tapi dapat mengekspos properti Marriot ke publik.
Keempat, membuka jalan bagi karyawan untuk mengembangkan diri. Aspek kontroversial dari sharing economy terhadap sumber daya manusia adalah dimampukannya seseorang untuk bekerja secara rangkap, meskipun telah bekerja di satu organisasi
Pada awal konsepnya Traveloka berfungsi
sebagai mesin pencari untuk membandingkan harga tiket pesawat dari berbagai
situs lainnya. Pada pertengahan tahun 2013 Traveloka kemudian berubah menjadi
situs reservasi tiket pesawat di mana pengguna dapat melakukan pemesanan di
situs resminya. Pada bulan Maret 2014, Ferry Unardi menyatakan bahwa Traveloka
akan segera masuk ke bisnis reservasi kamar hotel. Pada bulan Juli 2014, jasa
pemesanan hotel telah tersedia di situs Traveloka.
Pengiriman
Layanan
Layanan yang terdapat pada traveloka
1. E-Product
& E-Service
Traveloka
menyediakan platform online sehinggadapat menelusuri berbagai jenis maskapai
penerbangan, api, dan transportasi lainnya, akomodasi sementara dan penginapan
(sebagaimana berlaku), pertunjukan seni, objek wisata, paket perjalanan wisata,
pulsa prabayar, serta membuat reservasi, pemesanan dan/atau pembelian
(“Layanan”). Pengguna dapat membuat pemesanan layanan yang disediakan oleh
hotel, maskapai penerbangan, operator transportasi lainnya, penyelenggara
pertunjukan seni, pengelola objek wisata, biro perjalanan wisata, operator
seluler, dan/atau penyedia layanan lain yang bekerjasama dengan Traveloka
(“Vendor”) di Situs. Dengan meletakkan pesanan melalui Situs, lalu dapat
memesan dan/atau membeli tiket pesawat, tiket kereta api dan transportasi lainnya,
kamar hotel, tiket pertunjukan seni, tiket obyek wisata, paket perjalanan
wisata, pulsa prabayar, atau layanan lainnya pada Situs kami. Traveloka akan
memberikan konfirmasi pemesanan atau pembelian melalui konfirmasi email.
2. E-Procurement
adalah
sistem aplikasi berbasis web yang menyediakan berbagai kemudahan serta
informasi dalam kaitannya dengan Proses Pengadaan Barang/Jasa di lingkungan.
Sistem aplikasi ini dibangun guna meningkatkan efisiensi dan efektivitas
Pengadaan.
Informasi
yang tersedia dan dapat diakses Berita terkini seputar Proses Pengadaan di
Traveloka, Informasi Pengadaan serta Kebijakan Pengadaan yang berlaku di
Traveloka. Melalui Web E-Procurement ini,
dapat melakukan pendaftaran secara online sebagai.
3. E-Marketing
Fitur baru
Traveloka adalah Price Alert yaitu fitur tambahan dari Traveloka yang
menyuguhkan informasi terbaru mengenai harga terbaik dan termurah dari sebuah
rute atau destinasi tertentu yang telah didaftarkan oleh pengguna aplikasinya.
Price Alert yang tersedia dalam aplikasi mobile akan menginformasikan
penggunanya mengenai perkembangan terbaru harga penerbangan. Price Alert bisa
didapatkan dengan persetujuan berlangganan informasi oleh penggunanya.Pengguna
tinggal datang ke mobile aplikasi, menyetujui berlangganan informasi lalu
Aplikasi akan memberi notifikasi ketika ada rute penerbangan termurah dari satu
titik ke titik lain
4. E-contracting
Traveloka
memiliki hak untuk tidak menerima setiap pengguna atau pemesanan (atau dalam
kasus-kasus tertentu membatalkan konfirmasi pemesanan) berdasarkan
kebijaksanaan tunggal dan untuk alasan apa pun serta tanpa memberikan alasan
penolakan/penampikan/pembatalan. Alasan untuk menolak pengguna atau pemesanan
atau membatalkan konfirmasi pemesanan dapat termasuk namun tidak terbatas pada:
pelanggaran Syarat ini, perdagangan atau sanksi ekonomi oleh otoritas global
atau nasional, embargo, larangan dalam peraturan, penipuan atau pencurian (atau
indikasi atau dugaan penipuan atau pencurian), dugaan kegiatan kriminal,
pemesanan yang mencurigakan, layanan yang tidak tersedia atau tidak lagi
disediakan oleh Vendor, pengguna memberikan informasi yang tidak akurat, keliru
atau menyesatkan, masalah dengan komunikasi kartu kredit elektronik, informasi
atau transaksi, perilaku yang tidak pantas, ancaman, hinaan, penolakan untuk
memberikan informasi, hambatan praktis, kesulitan atau kemacetan komunikasi,
Kesalahan Nyata (selanjutnya dijelaskan di bawah ini), sejarah pelanggaran
Syarat atau penolakan tersebut, atau dimasukkan pada setiap “daftar hitam” atau
“daftar pengamatan” oleh pemerintah atau organisasi internasional. Dalam kasus
pemesanan ditolak atau dibatalkan oleh Traveloka dan pembayaran telah
dilakukan, Traveloka akan mengganti jumlah yang telah dibebankan tanpa biaya
lebih lanjut. Kami dapat menghilangkan atau menghapus (“Dihapus”) keanggotaan
pengguna.
5. E-Distribution
Traveloka
menjadwalkan tiket transit yang murah, yaitu rute alternatif. Misalnya, kamu
bisa memilih penerbangan ke kota lain yang dekat dengan kota tujuanmu.Atau jika
biasanya kamu menggunakan penerbangan langsung tidak ada salahnya untuk
menggunakan penerbangan dengan transit. Harga tiket penerbangan dengan transit
umumnya lebih murah dibanding harga tiket penerbangan langsung.
6. E-payment
E-payment
adalah sistem pembayaran yang menggunakan fasilitas internet sebagai sarana
perantara. Saat ini banyak start up yang memfasilitasi pihak penjual dan
pembeli dengan memberikan jaminan keamanan transaksi e-commerce. Untuk menjamin
keamanan transaksi tersebut, start up yang menjadi perantara akan bekerja sama
dengan sejumlah lembaga perbankan untuk mulai memfasilitasi e-payment secara
aman, cepat dan praktis.
Dalam
aplikasi Traveloka menyediakan layanan seperti:
1) Bayar
dengan 1-klik,Pembayaran lebih mudah .Bayar dengan kartu
kredit jadi simpel. Log in dan tambahkan data kartu kredit Anda di awal tanpa
perlu lagi mengisi data kartu kredit berulang-ulang.
2) E-tiket
& voucher hotel instan Tidak
perlu menunggu lama untuk e-ticket & voucher hotel . Book dan dapatkan
e-tiket/voucher hotel kurang dari 1 menit.
7. CRM
CRM di
www.Traveloka.com dimana dengan mengakses situs ini user dapat dengan mudah
melakukan transaksi pemesanan tiket pesawat seperti kota tujuan, jadwal
penerbangan. Kelebihan situs ini adalah :
Jaminan
Aman Transaksi Online : Teknologi SSL dari RapidSSL dengan Sertifikat yang
terotentikasi menjamin privasi dan keamanan transaksi Anda. Konfirmasi instan
dan e-tiket dikirim ke email Anda.
Hasil
Pencarian Terlengkap : Mencari dan membandingkan harga tiket pesawat Lion Air,
Sriwijaya, Garuda, Citilink, dan lain-lain, termasuk KalStar dan Aviastar.
Harga
Tertera Sudah Termasuk Pajak : Harga tiket pesawat yang ditampilkan sudah
termasuk biaya-biaya seperti pajak, Iuran Wajib Jasa Raharja, dan fuel
surcharge.
Berbagai
Pilihan Pembayaran : Pembelian tiket menjadi semakin fleksibel dengan berbagai
pilihan pembayaran, dari Transfer ATM, Kartu Kredit, hingga Internet Banking.
Smart
Algorithm : Kami berusaha mencari tiket pesawat terbaik dari segi harga, lama
perjalanan, waktu terbang, kombinasi maskapai, dan lain-lain, dengan teknologi
terbaru
0 Response to "Konsep Utama, Proses Perencenaan dan Pengiriman Layanan dari Model Bisnis Traveloka"
Post a Comment