Konsep dan Kerangka Kerja Manajemen Layanan
Kerangka Kerja Manajemen Layanan Sistem Informasi terbagi
menjadi beberapa diantaranya sebagai berikut :
1.
Information Technology Infrastructure Library (ITIL)
ITIL
atau Information Technology Infrastructure Library adalah suatu rangkaian
dengan konsep dan teknik pengelolaan infrastruktur, pengembangan, serta operasi
teknologi informasi (TI). ITIL diterbitkan dalam suatu rangkaian buku yang
masing-masing membahas suatu topik pengelolaan (TI). Nama ITIL dan IT
Infrastructure Library merupakan merek dagang terdaftar dari Office of
Government Commerce (OGC) Britania Raya.
2.
Control Objectives for Information and Related Technology (COBIT)
COBIT
(Control Objectives for Information and Related Technology) merupakan
audit sistem informasi dan dasar pengendalian yang dibuat oleh Information
Systems Audit and Control Association (ISACA) dan IT
Governance Institute (ITGI) pada tahun 1992.
3.
Software Maintenance Maturity Model
Maturity model adalah suatu metode untuk mengukur level
pengembangan manajemen proses, yang berarti adalah mengukur sejauh mana
kapabilitas manajemen tersebut. Seberapa bagusnya pengembangan atau kapabilitas
manajemen tergantung pada tercapainya tujuan-tujuan COBIT yang Sebagai contoh adalah ada beberapa proses dan
sistem kritikal yang membutuhkan manajemen keamanan yang lebih ketat dibanding
proses dan sistem lain yang tidak begitu kritikal. Di sisi lain, derajat dan kepuasan
pengendalian yang dibutuhkan untuk diaplikasikan pada suatu proses adalah
didorong pada selera resiko Enterprise dan kebutuhan kepatuhan yang diterapkan.
4.
PRM-IT IBM’s Process Reference Model for IT
Dimensi proses untuk penilaian
capability level menggunakan COBIT 5 dikenal dengan istilah Process reference
model (PRM). COBIT 5 process reference model terdiri dari 37 proses yang
terdiri dari daur hidup untuk tata kelola dan manajemen teknologi informasi,
seperti yang terlihat pada gambar 2.1. COBIT 5 Process reference model terbagi
dua aktivitas utama yaitu tata kelola dan manajemen a. Tata Kelola
(Governance), area domain ini mengandung lima proses tata kelola, proses
Evaluate, direct, monitor. b. Manajemen (Management), Area domain ini
mengandung empat domain yang selaras dengan area tanggung jawab dari aktivitas
plan, build, run dan monitor (PBRM)
Domain – domain dalam COBIT 5,
sebagai berikut :
a) Evaluate, Direct,
dan Monitor (EDM), Proses ini membahas mengenai objek tata kelola seperti value
delivery risk, risk optimation dan resource optimation, termasuk best practice
dan aktivitas-aktivitas yang bertujuan untuk mengevaluasi strategis pilihan,
menyediakan keluaran arahan pengawasan teknologi informasi.
b) Align, Plan dan
Organize (APO), proses ini menyediakan arahan untuk pengiriman solusi dan
pengiriman layanan (BAI) dan mendukung (DSS). Domain ini mengkaji taktik-taktik
dan strategi, dan memfokuskan pencapaian objek bisnis.
c) Build, Acquire
dan Implement (BAI), menyediakan solusi-solusi dan layanan untuk dapat pengguna
gunakan. Untuk merealisasikan strategi teknologi informasi, solusi teknologi
yang dibutuhkan harus teridentifikasi, telah dibangun atau yang diperoleh,
maupun yang sudah diimplemetasikan harus sesuai dengan objek bisnis.
d) Deliver, Service
dan Support (DSS), mendapatkan solusis-solusi dan membuat layanan dapat
digunakan oleh pengguna akhir. Domain ini mengkaji pengiriman dan dukungan dari
layanan yang dibutuhkan, termasuk fasilitas operasional dukungan layanan
pengguna, manajemen keamanan.
e)
Monitor, Evaluate dan Assess (MEA), mengamati semua
proses untuk memastikan mengikuti arahan yang disediakan. Semua proses
teknologi informasi dibutuhkan untuk dinilai setiap waktu agar menjaga kualitas
dan pemenuhan dengan kebutuhan – kebutuhan pengendalian.
5.
Application Services Library (ASL)
Aplikasi
Layanan Perpustakaan (ASL) adalah kerangka kerja domain publik dari praktik
terbaik yang digunakan untuk standarisasi proses dalam Aplikasi Manajemen,
disiplin memproduksi dan memelihara sistem informasi dan aplikasi. Istilah
“perpustakaan” digunakan karena ASL disajikan sebagai satu set buku yang
menggambarkan praktek-praktek terbaik dari industri TI. Hal ini dijelaskan
dalam beberapa buku dan artikel (banyak dari mereka hanya tersedia dalam bahasa
Belanda) dan di situs resmi ASL BiSL Foundation.
6.
Business Information Services Library (BISL)
BiSL
adalah standar domain publik sejak tahun 2005, diatur oleh Lembaga ASL BiSL
(sebelumnya Lembaga ASL). Kerangka kerja ini menggambarkan standar untuk proses
dalam manajemen informasi bisnis di strategi, manajemen dan operasi tingkat.
[1] BiSL berkaitan erat dengan ITIL dan ASL kerangka, namun perbedaan utama
antara kerangka kerja ini adalah bahwa ITIL dan ASL fokus pada pasokan sisi
informasi (tujuan organisasi TI), sedangkan BiSL berfokus pada sisi permintaan
(yang timbul dari organisasi pengguna akhir)
7.
Microsoft Operations Framework (MOF)
Microsoft
Operations Framework (MOF) 4.0 adalah serangkaian panduan yang bertujuan
membantu teknologi informasi (TI) profesional menetapkan dan menerapkan layanan
yang handal dan hemat biaya.
8.
eSourcing Capability Model for Service Providers (Escm-sp) dan eSourcing
Capability Model for Client Organizations (eSCM-CL) dari ITSqc
for Sourcing Management
eSourcing
Capability Model for Service Providers (eSCM-SP) adalah suatu kerangka
kerja yang dikembangkan oleh ITSqc di Carnegie Mellon University. eSCM-SP
adalah “praktek terbaik” model kemampuan dengan tiga tujuan :
·
Untuk memberikan penyedia layanan bimbingan yang akan membantu
mereka meningkatkan kemampuan mereka di seluruh sourcing siklus hidup
·
Untuk menyediakan klien dengan cara yang obyektif mengevaluasi
kemampuan penyedia layanan
·
Untuk menawarkan penyedia layanan standar untuk digunakan saat
membedakan diri dari pesaing.
Reference :
https://yuliahendro.blogspot.com/2018/03/software-maintenance-maturity-model.html
https://kupasti.wordpress.com/2018/03/14/kerangka-kerja-manajemen-layanan-sistem-informasi/
https://elib.unikom.ac.id/files/disk1/699/jbptunikompp-gdl-agussevtia-34913-8-unikom_a-i.pdf
0 Response to "Konsep dan Kerangka Kerja Manajemen Layanan"
Post a Comment