Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan & Spesifikasi Layanan dan Model Bisnis
Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan
Manajemen Layanan adalah manajemen
melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu
organsasi yang mepertemukan kebutuhan pengolahan tranksaksi harian, mendukung
operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan
menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang diperlukan. Kerangka
kerja pada manajemen layanan sistem informasi :
·
konsep
dasar
·
teknologi
informasi
·
aplikasi
bisnis
·
proses
pengembangan
·
tantangan
manajemen
Portofolio layanan, yang memberikan pandangan manajemen-tingkat
semua layanan TI ketika mereka bergerak melalui siklus hidup layanan, adalah
sistem manajemen penting dalam ITIL. Ia memiliki tiga bagian:
·
Pipa layanan yang memegang informasi tentang layanan yang berada
di bawah pengembangan.
·
Katalog layanan yang memegang rincian semua layanan baik yang
sudah di produksi atau siap untuk pindah ke produksi.
·
Pensiunan jasa yang telah dihentikan dari penggunaan
operasional. Portofolio layanan karena itu memberikan gambaran lengkap dari
semua layanan dalam pengembangan untuk pengiriman masa depan, layanan produksi
dan jasa yang telah datang ke akhir masa produktif. Ini adalah dasar untuk
mengelola siklus penuh untuk semua layanan dalam hal kebutuhan bisnis mereka,
kasus bisnis untuk investasi, sumber daya keuangan dan lainnya yang diperlukan
untuk pengembangan layanan dan operasi, risiko yang terkait dengan pembangunan
dan pengoperasian layanan dan, mana yang relevan, bagaimana layanan akan
dibanderol.
Penyedia layanan TI, dalam hubungannya dengan bisnis, akan
mengidentifikasi sejumlah peluang untuk investasi di layanan baru atau diubah
IT. Sebelum salah satu peluang tersebut diubah menjadi layanan, keputusan
penting harus dibuat tentang nilai dari layanan baru untuk bisnis, kapasitas
penyedia layanan TI dan pasar untuk memberikan layanan, dan prioritas relatif
dari layanan yang diusulkan dibandingkan dengan investasi potensial lainnya
MAKSUD DAN TUJUAN
Tujuan dari manajemen portofolio layanan (SPM) adalah untuk
memastikan bahwa keputusan untuk berinvestasi dalam layanan IT yang sehat dan
sepenuhnya selaras dengan kebutuhan dan prioritas bisnis. Setelah keputusan
dibuat untuk berinvestasi, investasi harus dikelola melalui siklus hidup, dan
SPM tujuan di sini adalah untuk memastikan bahwa investasi memberikan nilai
optimal bagi organisasi. Sebagai sistem pendukung manajemen, portofolio layanan
memungkinkan organisasi untuk menjawab pertanyaan strategis tentang layanan,
pelanggan dan harga, serta membantu mengatur prioritas dan alokasi rencana
sumber daya.
Tujuan dari SPM adalah
·
untuk mengembangkan dan mempertahankan portofolio layanan yang
menyediakan gambaran lengkap dari semua layanan termasuk status mereka;
·
untuk menetapkan kondisi dan persyaratan untuk dimasukkan
layanan baru dalam portofolio layanan;
·
untuk memastikan katalog layanan dikembangkan dan dikelola
sebagai bagian dari portofolio, dan menyetujui aturan untuk mentransfer layanan
ke katalog layanan mereka pindah ke transisi dan keluar dari katalog dan ketika
mereka bergerak ke pensiun;
·
untuk memastikan portofolio layanan memenuhi persyaratan
fungsional dan kinerja para penggunanya dan bahwa kinerjanya, ketersediaan dan
keamanan bertemu setuju persyaratan;
· untuk memastikan bahwa manajemen laporan diproduksi sesuai dengan persyaratan pelaporan setuju
KOMPONEN LAYANAN PORTOFOLIO
Portofolio layanan berisi informasi tentang layanan di seluruh
siklus hidup, memberikan informasi tentang status layanan ketika mereka
bergerak dari konsep melalui spesifikasi kebutuhan, persetujuan, desain, transisi
ke dalam operasi hidup dan pensiun akhirnya. Informasi yang diselenggarakan
pada setiap layanan mengembangkan dan perubahan ketika bergerak melalui siklus
hidup. Pada bagian awal dari siklus hidup, akan ada sedikit lebih dari
deskripsi layanan yang diusulkan dengan rincian
LAYANAN MANAJEMEN PORTOFOLIO
proposisi nilai, sponsor bisnis dan rincian dasar lainnya.
Ketika kita bergerak melalui siklus hidup, persyaratan akan ditentukan dan baik
yang berbentuk atau lintas direferensikan. Kasus bisnis akan disertakan bersama
dengan rincian dana, prioritas dan risiko. Persembahan dan paket, biaya dan
harga akan ditambahkan setelah dirancang dan disepakati. Pada saat layanan siap
untuk pengiriman operasional, isi penuh dari portofolio layanan harus mencakup:
·
nama layanan;
·
deskripsi layanan;
·
status layanan;
·
klasifikasi layanan dan kekritisan;
·
aplikasi yang digunakan;
·
Data dan / atau data skema yang digunakan
·
proses bisnis yang didukung;
·
pemilik bisnis;
·
pengguna bisnis;
·
pemilik IT;
·
referensi tingkat layanan garansi, SLA dan SLR;
·
jasa pendukung;
·
mendukung sumber daya;
·
layanan tergantung;
·
mendukung Olas, kontrak dan perjanjian
·
Biaya jasa;
·
biaya pelayanan (jika ada);
·
pendapatan layanan (jika ada);
·
layanan metrik. Dalam rangka untuk mengelola dan memahami
informasi, portofolio layanan dipisahkan secara konseptual, dan sering secara
fisik, menjadi tiga komponen yang terpisah:
·
Pipa layanan, yang meliputi jasa yang belum pindah ke dalam
operasi.
·
Pensiunan layanan, yang meliputi informasi mengenai layanan yang
telah diambil dari penggunaan operasional dan yang dianggap nilai untuk
mempertahankan informasi tentang mereka.
·
Di sela ini adalah layanan yang operasional dan memberikan
kepada pelanggan
Spesifikasi
Layanan
dan Model
Bisnis
1. Spesifikasi Layanan
Suatu perusahaan mulai banyak membutuhkan IT sebagai penyedia layanan, semakin
penting untuk memperhatikan tingkat kebaikan dan kualitas layanan, jika layanan
IT ingin dikelola secara efektif, harus memperhatikan langkah - langkah yang
akan diterapkan untuk memmastikan bahwa kinerja yang sebelumnya telah sepakat
untuk di toleransi.
2. Model Bisnis
Model bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagaimana sebuah
perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan. Dalam model bisnis ini ada
beberapa keuntungan diantaranya :
·
membantu
perusahaan untuk mendapatkan informasi terkait bagaimana,dimana, dan kapan
produk yang dihasilkan akan berfungsi dengan maksimal
·
model bisnis yang
baik akan melemahkan kompetitor
·
merubah
kompetitor menjadi sekutu
Referensi :
https://kraosfredom.blogspot.com/2020/04/spesifikasi-layanan-dan-model-bisnis.html
https://adrivit.wordpress.com/2016/06/25/10-layanan-manajemen-portofolio/
0 Response to "Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan & Spesifikasi Layanan dan Model Bisnis"
Post a Comment