-->

Ilmu Sosial Dasar

Ilmu Sosial Dasar
Masyarakat

Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan & Spesifikasi Layanan dan Model Bisnis


Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan

Manajemen Layanan adalah manajemen melakukan atau melaksanakan pelayanan dalam suatu sistem di dalam suatu organsasi yang mepertemukan kebutuhan pengolahan tranksaksi harian, mendukung operasi, bersifat manajerial dan kegiatan strategi dari suatu organisasi dan menyediakan pihak luar tertentu dengan laporan - laporan yang diperlukan. Kerangka kerja pada manajemen layanan sistem informasi :

·          konsep dasar

·          teknologi informasi

·          aplikasi bisnis

·          proses pengembangan

·          tantangan manajemen

Portofolio layanan, yang memberikan pandangan manajemen-tingkat semua layanan TI ketika mereka bergerak melalui siklus hidup layanan, adalah sistem manajemen penting dalam ITIL. Ia memiliki tiga bagian:

·        Pipa layanan yang memegang informasi tentang layanan yang berada di bawah pengembangan.

·        Katalog layanan yang memegang rincian semua layanan baik yang sudah di produksi atau siap untuk pindah ke produksi.

·        Pensiunan jasa yang telah dihentikan dari penggunaan operasional. Portofolio layanan karena itu memberikan gambaran lengkap dari semua layanan dalam pengembangan untuk pengiriman masa depan, layanan produksi dan jasa yang telah datang ke akhir masa produktif. Ini adalah dasar untuk mengelola siklus penuh untuk semua layanan dalam hal kebutuhan bisnis mereka, kasus bisnis untuk investasi, sumber daya keuangan dan lainnya yang diperlukan untuk pengembangan layanan dan operasi, risiko yang terkait dengan pembangunan dan pengoperasian layanan dan, mana yang relevan, bagaimana layanan akan dibanderol.

Penyedia layanan TI, dalam hubungannya dengan bisnis, akan mengidentifikasi sejumlah peluang untuk investasi di layanan baru atau diubah IT. Sebelum salah satu peluang tersebut diubah menjadi layanan, keputusan penting harus dibuat tentang nilai dari layanan baru untuk bisnis, kapasitas penyedia layanan TI dan pasar untuk memberikan layanan, dan prioritas relatif dari layanan yang diusulkan dibandingkan dengan investasi potensial lainnya

MAKSUD DAN TUJUAN

Tujuan dari manajemen portofolio layanan (SPM) adalah untuk memastikan bahwa keputusan untuk berinvestasi dalam layanan IT yang sehat dan sepenuhnya selaras dengan kebutuhan dan prioritas bisnis. Setelah keputusan dibuat untuk berinvestasi, investasi harus dikelola melalui siklus hidup, dan SPM tujuan di sini adalah untuk memastikan bahwa investasi memberikan nilai optimal bagi organisasi. Sebagai sistem pendukung manajemen, portofolio layanan memungkinkan organisasi untuk menjawab pertanyaan strategis tentang layanan, pelanggan dan harga, serta membantu mengatur prioritas dan alokasi rencana sumber daya.

Tujuan dari SPM adalah

·        untuk mengembangkan dan mempertahankan portofolio layanan yang menyediakan gambaran lengkap dari semua layanan termasuk status mereka;

·        untuk menetapkan kondisi dan persyaratan untuk dimasukkan layanan baru dalam portofolio layanan;

·        untuk memastikan katalog layanan dikembangkan dan dikelola sebagai bagian dari portofolio, dan menyetujui aturan untuk mentransfer layanan ke katalog layanan mereka pindah ke transisi dan keluar dari katalog dan ketika mereka bergerak ke pensiun;

·        untuk memastikan portofolio layanan memenuhi persyaratan fungsional dan kinerja para penggunanya dan bahwa kinerjanya, ketersediaan dan keamanan bertemu setuju persyaratan;

·        untuk memastikan bahwa manajemen laporan diproduksi sesuai dengan persyaratan pelaporan setuju

KOMPONEN LAYANAN PORTOFOLIO

Portofolio layanan berisi informasi tentang layanan di seluruh siklus hidup, memberikan informasi tentang status layanan ketika mereka bergerak dari konsep melalui spesifikasi kebutuhan, persetujuan, desain, transisi ke dalam operasi hidup dan pensiun akhirnya. Informasi yang diselenggarakan pada setiap layanan mengembangkan dan perubahan ketika bergerak melalui siklus hidup. Pada bagian awal dari siklus hidup, akan ada sedikit lebih dari deskripsi layanan yang diusulkan dengan rincian

LAYANAN MANAJEMEN PORTOFOLIO

proposisi nilai, sponsor bisnis dan rincian dasar lainnya. Ketika kita bergerak melalui siklus hidup, persyaratan akan ditentukan dan baik yang berbentuk atau lintas direferensikan. Kasus bisnis akan disertakan bersama dengan rincian dana, prioritas dan risiko. Persembahan dan paket, biaya dan harga akan ditambahkan setelah dirancang dan disepakati. Pada saat layanan siap untuk pengiriman operasional, isi penuh dari portofolio layanan harus mencakup:

·        nama layanan;

·        deskripsi layanan;

·        status layanan;

·        klasifikasi layanan dan kekritisan;

·        aplikasi yang digunakan;

·        Data dan / atau data skema yang digunakan

·        proses bisnis yang didukung;

·        pemilik bisnis;

·        pengguna bisnis;

·        pemilik IT;

·        referensi tingkat layanan garansi, SLA dan SLR;

·        jasa pendukung;

·        mendukung sumber daya;

·        layanan tergantung;

·        mendukung Olas, kontrak dan perjanjian

·        Biaya jasa;

·        biaya pelayanan (jika ada);

·        pendapatan layanan (jika ada);

·        layanan metrik. Dalam rangka untuk mengelola dan memahami informasi, portofolio layanan dipisahkan secara konseptual, dan sering secara fisik, menjadi tiga komponen yang terpisah:

·        Pipa layanan, yang meliputi jasa yang belum pindah ke dalam operasi.

·        Pensiunan layanan, yang meliputi informasi mengenai layanan yang telah diambil dari penggunaan operasional dan yang dianggap nilai untuk mempertahankan informasi tentang mereka.

·        Di sela ini adalah layanan yang operasional dan memberikan kepada pelanggan

 

Spesifikasi Layanan dan Model Bisnis

1. Spesifikasi Layanan

Suatu perusahaan mulai banyak membutuhkan IT sebagai penyedia layanan, semakin penting untuk memperhatikan tingkat kebaikan dan kualitas layanan, jika layanan IT ingin dikelola secara efektif, harus memperhatikan langkah - langkah yang akan diterapkan untuk memmastikan bahwa kinerja yang sebelumnya telah sepakat untuk di toleransi.

2. Model Bisnis

Model bisnis didefinisikan sebagai model yang menjabarkan bagaimana sebuah perusahaan bergerak dalam mendapatkan keuntungan. Dalam model bisnis ini ada beberapa keuntungan diantaranya :

·        membantu perusahaan untuk mendapatkan informasi terkait bagaimana,dimana, dan kapan produk yang dihasilkan akan berfungsi dengan maksimal

·        model bisnis yang baik akan melemahkan kompetitor

·        merubah kompetitor menjadi sekutu

 

Referensi :

https://kraosfredom.blogspot.com/2020/04/spesifikasi-layanan-dan-model-bisnis.html

https://adrivit.wordpress.com/2016/06/25/10-layanan-manajemen-portofolio/

 


0 Response to "Definisi Layanan dan Spesifikasi Portofolio Layanan & Spesifikasi Layanan dan Model Bisnis"

Tugas

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel